Rabu, 23 Oktober 2013

Siswa SDN Sukoiber II Gudo-Jombang Berkurban.Sukoiber 17-10-2013




Sukoiber-Gudo-Jombang, Kamis Pagi (17/10/13) ada yang berbeda di halaman Sekolah SDN Sukoiber II-Gudo. Moment Idul Adha sangat terasa disekitaran sekolah ini.  Satu hewan telah disiapkan seperti kambing sedang menanti telah siap untuk disembelih yang diikat di pohon yang ada dilingkungan sekitar.
Murid-murid begitu antusias untuk menyaksikan proses pemotongan hewan kurban, bahkan sebagian besar dari mereka ada yang berpartisipasi membantu panitia penyembelihan. Jumlah hewan kurban yang dipotong untuk tahun ini ada 1 ekor kambing dari tabungan dansos murid-murid dalam satu tahun. Kegiatan berkurban ini memang diprogram pihak sekolah sebagai sarana pembelajaran bagi siswanya.
Panitia kurban Sekolah SDN Sukoiber II Bpk. ABD. SALAM, S.PdI. mengatakan, prosesi penyembelihan hewan kurban ini bertujuan dari aspek rohani mengajarkan anak-anak untuk berkurban layaknya Nabi Ibrahim kepada anaknya Nabi Ismail untuk Allah SWT.
"Berkurban hewan mililiki filosofi bahwa manusia seharusnya bisa "menyembelih" sifat kebinatangan dalam diri, seperti rakus, tamak, dan sebagainya. Sedangkan dari aspek sosial para siswa diajarkan untuk saling berbagi pada sesama umat manusia," ungkapnya.
Pada kegiatan ini selain para guru, panitia pelaksana hewan kurban juga terdiri dari orang tua siswa dan masyarakat sekitar yang sukarela membantu kelangsungan kegiatan tersebut. Pembagian dilakukan dengan cara memilih dari murid dan warga sekitar yang kurang mampu untuk menerimanya.(MJNT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar